Halaman

my widget

Christmas Pikachu

Jumat, 19 Oktober 2012

Contoh Gambar Kesetimbangan Benda Tegar


a. kesetimbangan Benda Tegar pada Katrol    b. kesetimbangan Benda Tegar pada loncat indah
 c. kesetimbangan Benda Tegar pada Akrobat

                                                        d. kesetimbangan Benda Tegar Pada Penari Sky Es
Gambar di atas adalah contoh gambar pada Benda tegar
http//www.google.com

Geraka Rotasi


 A.Gerak rotasi
Merak rotasi merupakan gerak suatu benda yang berputar terhadap sumbu putarnya, dengan memperhitungkan pengaruh gaya yang menyebabkan benda bergerak.
B. Besaran-besaran fisis pada gerak rotas.
a.       torsi, torka atau momen gaya
Torsi, torka atau momen gaya adalah gaya yang menyebabkan sebuah benda dapat berputar pada porosnya.
b.      momen inersia
jika anda masih mengigat konsep massa dalam gerak lurus,maka dalam gerak melingkar dikenal konsep momen inersia,yaitu suatu ukuran kemalasan,keenganan, kesulitan suatu benda untuk berputar pada porosnya.
·         Bandingannya dalam gerak translasi adalah kuantitas yang menyatakan sulit tidaknya benda bergera translasi massa (inersia ).
·         Momen inersia merupakan kuantitas yang menyatakan sulit tidaknya benda bergerak rotasi terhadap sumbuh putar tertentu.
·         Mommen inersia suatu benda titik terhadap sumbu putar yang  jaraknya r

c.       Momen inersia benda kontinu
·         Benda kontinu dipandang sebagai kumplan benda titik


D. Momen gaya
Momen gaya didefinisikan sebagai hasil kali besarnya gaya dengan panjangnya yaitu

       Gaya penyebab terjadinya perubahan gerak translasi
·         analogi pada gerak rotasi adalah momen gaya
·         momen gaya penyebab terjadinya perubahan gerak rotasi
·         momen gaya berarah positif apabilah gaya menghasilkan rotasi yang berlawanan dengan arah jarum jam


E. Energi kinetik gerak rotasi
·         Energi kinetik terhadap ketiga benda
·         Benda tegar ketiga benda berotasi dengan w yang sama v = w r

Hukum KEPLER 1 & 2

HUKUM KEPLER 1 DAN 2

          Menjelang abad ke 16, ahli astronomi thyco brache mempelajari gerakan planet dan membuat pengamatan yang dianggap lebih tepat dibandingkan model – model yang telah ada terlebih dahulu. Dengan mengunakan data dari brache, Johanes kepler, setelah banyak dan salah , menemukan bahwa lintasan planet mengelilingi matahari sebenarnya adalah elips, Namun demikian keplerlah yang secara lebih terstruktur mengemukakan tiga hukum gerak planet yang kemudian di kenal hukum kepler.
1. Hukum kepler tentang orbit berbentuk elips
            Planet – planet bergerak mengelilingi matahari dengan berbentuk elips dan matahari terletak pada salah satu fokusnya.
            Cara paling mudah untuk melihat fokus dari sebuah elips adalah dengan membuat dua paku yang ditancapkan kemudian dihubungakan dengan tali.
            Ambillah sebuah pensil dan dengan “ mengikatkan” tali pada pensil, buatlah elips. Posisi paku adalah posisi dari fokus elips.
            Menurut hukum kepler 1, Matahari ada di salah satu dari posisi paku tersebut, sedangkna planet atau bumi khususnya mengelilingi matahari denga orbit berbentuk elips seperti goresan hasil goresan pensil. Ia juga menunjukan bahwa planet tidak bergerak dengan kelajuan konstan tetapi bergerak lebih cepat ketika dekat dengan matahari dibandingkankan dengan lebih jauh.
2. Hukum kepler tentang kesamaan luas
            Garis yang menghubungkan planet ke matahari akan menyapu luas daerah yang sama dalam waktu yang sama.
            Hukum kedua kepler menyatakan bahwa dalam selang waktu yang sama , garis yang menghubungkan matahari dengan planet ( Bumi) akan menyapu luas daerah yang sama.
            Hukum kedua kepler ini sebetulnya  hukum konservasi momentum sudut namun momentum sudut belum kita pelajari saat ini. Inilah yang menyebabkan planet terus menerus bergerak tanpa henti, sebab momentum sudut dari planet “ Kekal”.
            Hukum ini juga menjelaskan bahwa kecepatan planet yang mengorbit matahari tidak tetap. Pada saat berada pada jarak terdekat matahari, maka planet tersebut bergerak lebih cepat da apabila planet beredar pada jarak terjauh dari matahari, maka planet tersebut bergerak paling lambat

Hukum-hukum kepler

Lebih dari setengah abad sebelum newton merumuskan tiga hukum tentang gerak dan hukum gravitasi universal, seorang astrom berkebangsaan jerman johanes kepler (1571- 1630) telah menulis sejumlah teori tentang astronomi. Teori kepler sebagai terbentuk setelah beberapa tahun ia menguji data yang dikumpulkan oleh tycho brahe (1546-1601), tentang posisi planet dalam gerakan melintas langit. Pada tulisan kepler itu terdapat tiga teori penting yangb disebut sebagai hukum kepler tentang gerak planet
Newton pada menunjukan bahwa kepler dapat di turunkan secara matematis dari hukum gravitasi universal dan hukum geraknya

Hukum kepler III hukum harmoni
Hukum ini berbunyi:
Pangkat dua waktu peredaran (W2) tiap-tiap planet dalam memngelilingi matahari berbangding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet dan matahari(d3)

Hukum kepler iii ini menyatakan hubungan jarak planet matahari dengan periode revolusi yang berkisar antara 88 hari untuk planet terdekaty marcurius sampai 248 tahun untuk planet terjauh pluto. Jika bumi sebagai acuan, maka jarak bumi-bumi mataharii sebesar 150x10 km disebut satu satuan  astronomi ( SA atau AU astronomi unit) dan periode revolusi bumi satu tahun, maka konstanta c=1

Percobaan Pembuatan RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : FISIKA
Kelas/Semester            : XI / 2
Pertemuan                   : ke 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
2.         Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam meyelesaikan masalah.
Kompetensi Dasar
2.1       Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
Indikator
·         Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam benda tersebut.
·         Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak traslasi dan gerak rotasi.
·         Memformulasikan momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar.
·         Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
·         Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbagai keadaan.
·         Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip.

A.                Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat memahami pengertian Torsi, Momen Inersia, dan Momentum Sudut serta aplikasi besaran – besaran tersebut dalam kehidupan sehari – hari.
2.      Siswa dapat memahami penerapan Hukum II Newton pada gerak rotasi dalam kehidupan sehari – hari.
3.      Siswa dapat memahami Hukum Kekekalan Momentum Sudut serta menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari.
4.       Siswa dapat menerapkan Hukum Kekekalan Energi Mekanik dalam menganalisis gerak Menggelinding.

Ø  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Cinta Damai, Gemar Membaca, dan Bertansggung Jawab,-

Ø  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
v  Percaya Diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B.              Materi Pembelajaran
 Dinamika Rotasi
1.   Torsi dan Momen Inersia
2.   Analisis Masalah Dinamika Rotasi Benda Tegar
3.   Pemencahan Masalah Dinamika rotasi dengan Hukum Kekekalan Energi
4.   Hukum Kekekalan Momentum Sudut

C.             Metode Pembelajaran
1. Model
● Cooperative Learning
● Direct Instruction (DI)
2. Metode
·   Demonstrasi
·      Insclusive (cakupan )
·      Eskperimen
·      Diskusi kelompok (Tanya Jawab)
·      Resitasi (Tugas)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menjelaskan pengertian Torsi, Momen Inersia, dan Momentum Sudut .
·         Menganalisis

·          
·          

D.       Langkah-langkah Pembelajaran
            Pertemuan
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
·         Doa
·         Absensi ,
·         Guru bertanya tentang materi sebelumnya
Apa yang dimaksud dengan Momen Gaya ( Torsi ) ?
Jawab : Momen Gaya ( Torsi ) adalah suatu besaran vektor yang di peroleh dari perkalian vektor antara r dan vektor gaya F, secara Matematis dapat di rumuskan ,t  = r x F.
·         Guru memberikan motivasi dan prasyarat pengetahuan kepada siswa.
-          Motivasi : Apa yang akan terjadi pada saat Atlet loncat indah meninggalkan papan Lintasannya ?
-          Prasyarat Pengetahuan : Memahami Prinsip dari Momen Inersia dan faktor yang mempengaruhi prinsip tersebut.

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru memberikan Bahan ajar pada peserta didik.
·         Guru menjelaskan pengertian Torsi serta rumusnya dalam sebuah contoh soal sederhana
·         Guru melakukan demonstrasi sederhana pada sebuah baut yang diputar menggunakan kunci inggris sedangkan peserta didik memperhatikan secara seksama.
·         Guru menjelaskan tentang rumus momen inersia pada berbagai benda yang berotasi.
·         Guru menjelaskan tentang pengertian momentum sudut dan konsep dari hukum kekekalan momentum sudut dalam kehidupan sehari-hari beserta rumusnya.
·         Guru memberikan latihan soal pada saat Tanya jawab dan memberikan pujian pada peserta didik yang menjawab.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi : 
·         Peserta didik diminta untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya tentang prinsip dari hukum II Newton beserta penjelasan rumusnya.
·         Peserta didik diminta melakukan eksperimen sederhana berhubungan dengan materi Momen Gaya ( Torsi ) sedangkan peserta didik yang lain diminta memperhatikan secara seksama
·         Peserta didik diminta mengerjakan latihan soal pada buku pegangan yang telah guru berikan.
·         Guru membimbing peserta didik dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

Komfirmasi
Dalam kegiatan komfirmasi, siswa :
·         Menyimpulkan tentang hal – hal yang belum diketahui.
·         Menjelaskan tentang hal – hal yang belum diketahui.

3.      Kegiatan Penutup ( 15 menit )
·         Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang aktif dalam menjawab pertanyaan yang di berikan.
·         Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan.
·         Guru meminta peserta didik untuk membaca pelajaran selanjutnya tentang Keseimbangan Benda Tegar .
·         Guru juga memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E.      Alat dan Sumber Belajar
1.            Alat dan Bahan pembelajaran :
·   Kunci inggris
2.            Sumber pembelajaran :
·   Media Cetak
o  Buku pegangan Guru dan Siswa, SMA kelas XI, Purwoko. Drs dan Fendi H. S.Pd . 2009. FISIKA 2.Bogor : Yudhistira.
o  Buku SMA/MA Kelas XI, Purwanto, Bambang. 2007. FISIKA 2. Bogor : Yudhistira.
o  Buku SMA/MA Kelas XI, Kanginan,Ir Marthen, M.Sc. 2006 . FISIKA 2. Jakarta : Erlangga.
o  Buku SMA/MA Kelas X, XI,dan XII, Zaelani, Ahmad. S.Si, dkk. 2006 . FISIKA 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan. Bandung : Yrama Widya.
3.            Media :
·   Charta  ( karton )

F.       Penilaian
1. Teknik penilaian dan bentuk instrumen.
Pertemuan
Teknik
Bentuk Instrumen
I
Tes Tertulis
Tes Isian & Tes PG

2. Contoh instrumen :
Soal Tes Uraian :
1.      Apabila sebuah bola pejal dapat bergerak dengan bebas dari pucuk suatu bindang miring yang licin dengan koefisien gesek nol, maka bola tersebut akan menggelincir atau menggelinding ?
Jawab  : Bola akan menggelinding
Skor     : 2
2.      Seorang peloncat indah menekuk badan dan kakinya. Hal ini dilakukan agar momentum sudutnya, membesar atau mengecilkah ?
Jawab  : Mengecil.
Skor     : 2
3.      Sebuah cakram berjari – jari 30,0 cm dapat berputar pada sebuah poros mendatar. Di sekeliling cakram dililitkan seutas tali. Ujung  tali ditarik dengan gaya yang besar tetapnya sebesar 15,0 N. Besar Momen Gaya ( Torsi ) pada cakram adalah …
a.       1,5 Nm           b. 3 Nm          c. 4,5 Nm       d. 6,0 Nm      e. 7,5 Nm
Jawab  : C
Skor     : 3
4.      Sebuah partikel bermassa 0,2 g bergerak melingkar dengan kecepatan sudut tetap 10 rad/s. Jika jari – jari lintasan partikel 3 cm, maka momentum sudut partikel itu adalah …
a.       3 x  kg /s       c. 1,8 x  kg /s        e. 4,5 x  kg /s
b.      9 x  kg /s       d. 1,8 x  kg /s
Jawab : D
Skor     : 3

TABEL PENILAIAN SOAL
NO

SKOR YANG DIPEROLEH
JUMLAH
SKOR
KETERCAPAIAN
KETUNTASAN
NO. SOAL
1
2
3
4
BELAJAR
SKOR SOAL
2
2
3
3
%
NAMA SISWA
Ya
Tidak





























































Mengetahui,
Kepala Sekolah



(                                   )

Palembang,
Guru Mapel FISIKA



(                                               )

My Artikel

sumber : http://remajasampit.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-daftar-isi-otomatis-sesuai.html

My Music